Guru pun tak semuanya Mendidik

Posted: 29 February 2008 in Gak Jelas

Kakak awak sekarang sedang fokus untuk menjadi seorang guru..
tau gak?? kalo menjadi guru ternyata ada beberapa langkah yang harus ditempuh… khususnya untuk menjadi seorang guru PNS…

Salah satu langkah yang harus ditempuh itu adalah menyelesaikan program akta4. Dan salah satu rangkaian tugasnya adalah PPL (kalo gak salah: sejenis PKL gitu..). Dia harus mengajar di salah satu sekolah negeri di bandung… aku gak mau nyebutin… (klu: dulu adalah sma-ku).
Di akhir, dia diuji oleh guru pembimbing (dari kampusnya) dan guru pamong (guru pamong, sebutan bagi guru pembimbing yang berasal dari sekolah yang bersangkutan).

Langsung saja. Setelah selesai dites, sampailah ke pengumuman… Ternyata nilai akhir PPL kakak saya adalah B. Alasannya: “ya kamu B aja ya.. kalo yang A buat yang udah jadi Guru.. kalo kamu A nanti saya apa donk??”, kata guru pamong. [redaksinya gak terlalu persis sama, cuman kurang lebih begitu].

Gila… parah gak? Ternyata masih ada guru yang berpemahaman seperti itu… <_<
Bukannya lebih bagus kalo murid itu menjadi lebih pandai dari seorang guru.. Tapi kok ada guru yang gak rela… Gimana pendidikan kita mau maju???

Kasus lain..: Gara-gara nilai seorang siswa belum lulus. Katakanlah nama siswa itu Somad. Ternyata eh ternyata.. nilai komputer Somad masih belum lulus… Lalu Gurunya bilang gini, “Kalo nilai kamu mau naik.. beliin saya buku komputer. 3 biji ya… Besok kamu berikan buku itu ke saya..”
“Bu.. belinya di mana?”
, kata Somad
“terserah kamu.. yang penting besok harus dah ada..”, kata guru tadi.
Tau gak.. tidak ada buku komputer yang murah… apalagi yang dia minta kalo gak salah yang berkaitan dengan pemrograman…

Itu namanya memperjualbelikan nilai…
Ayolah… kapan kita mau maju?? Please deh… Yuk lebih baik lagi.
Tinggalkan donk gaya-gaya seperti itu…
semoga tercerahkan -_-

Comments
  1. imanbdo says:

    yah terakhir tuh pernah terjadi pada diriku n several of my friends. Ceritanya tuh pas SMA, nilai biar lulus pelajaran itu 70, n nilai saya n temen2 rupanya sekitar 65an gitu, akhirnya dipanggil sama guru yg bersangkutan dan diminta nyumbang buku supaya nilai bisa jadi 70. Hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s