Dari Tahun ke Tahun UAN SMA Bocor

Posted: 21 April 2008 in Realita

Dari tahun ke tahun, tepatnya sih dari setelah saya (tahun 2006) UAN SMA selalu mengalami kebocoran. Mungkin di angkatan saya, 2005, pun sudah bocor, cuma tidak terlalu gebyar. Tapi semakin ke sini, kebocoran itu semakin besar. Bahkan di angkatan setelah saya, beberapa orang mendapatkan nilai sempurna di beberapa pelajaran maut, seperti matematika.
Padahal, saya tau betul bagaimana kemampuannya. Akhirnya, tanpa disadari, nilai yang sempurna itu membuat dia senang, bahkan senangnya berlebihan. Dia lupa bahwa ujian sebenarnya bakal datang dengan segera, yakni SPMB.
Sudah bisa ditebak, mereka tidak lulus ke PTN. Miris, miris sekali.

Modus yang dilakukan untuk menyebarkan jawaban adalah via handphone, sms. Inilah yang termudah.
Saking bocornya, orang yang tidak meminta jawaban pun ternyata dikirimi juga lewat sms tersebut. Dikirim siapa? Bisa oleh temannya, bahkan dari nomor yang tidak dikenal. Begitu “baiknya”.

Sebenarnya, mereka tau bahwa perbuatan itu tidak halal. Lalu kenapa masih dilakukan? Memang sebenarnya apa yang dicari?
Dulu aku tidak pernah menyontek waktu ujian, tentu saja sampai sekarang. Lebih baik nilai pas-pasan tapi barokah, dibandingkan nilai bagus tapi gak “berisi”. Sebenarnya lebih baik nilai bagus dan juga barokah sih. He he he.

Gak tau nih untuk UAN tahun ini. Bocor lagi gak ya? Buat adik-adik yang mau ikut UAN besok, SEMANGKA!!! eh salah, SEMANGAT!!! Do your best, ok!!!

Oh ya, btw yang dah pernah ngalamin UAN, dulu gimana perasaannya? Nyontek gak? Hayo… jujur ya!!!

Comments
  1. ikhfa says:

    jujur, dulu ga begitu tertarik dengan UAN.. lebih tertarik ke SPMB, UAN ga begitu menantang c..😛

  2. Febi says:

    sepakat saya San. Saya pun dulu gitu, bahkan belajar untuk UANnya cuma H-2, cuma review dikit. Tapi yang sekarang beda. Mereka ada targetan lebih. Sedikit lebih menyeramkan. Setelah saya cek, ternyata di sma saya ada juga bocoran yang masuk ke tangan siswa [utk ujian tahun ini]. Yang dah bocor adalah matematikanya aja. Itu yang baru ketauan, gak tau deh yang lainnya. Eh btw jgn bilang sapa2 ya saya nulis kayak gini. Yang pasti mereka dapat kayaknya bukan dari guru tapi dari bimbelnya.

Leave a Reply

