Release KEPRI (Keputusan Pribadi) Terkait Televisi dan Hidupku

Posted: 17 October 2008 in Curhat

“Mulai hari ini, gak nonton tv, kecuali berita dan beberapa tontonan yang berkualitas”. Itu ultimatumku yang aku release hari kemarin. Ha ha ha, kesannya sih ini suatu ultimatum yang biasa saja, tidak berbobot, dll, paling nanti nonton tv terus. Tapi mulai sekarang, aku janji.

Mulai hari kemarin, aku mantapkan untuk tidak aktif lagi nongkrongin tuh yang namanya tv. Aku kan emang anak rumahan, di rumah ada tv-nya. Mungkin bagi sebagian temen-temen yang ngekos aku dianggap sangatlah beruntung, bisa menonton tv. Tapi bagiku itu adalah “ekstasi” yang luar biasa memabukkan dan membuat ketagihan. Walau pada awal menyalakan tv tersebut saya belum tau apa yang akan saya tonton, tidak ada tujuan pasti, tapi setelah tv menyala, tanpa perlu waktu lama, dengan sendirinya langsung terhipnotis di depan tv tersebut.

Luar biasa memang daya aruh dari tv ini. Waktu sma saya pernah dikasih tau bahwa pernah ada survey bahwa remaja yang berumur 14 sampai 20 tahunan dalam seharinya, 24 jam itu, dia mengalami waktu bias, waktu yang tak jelas juntrungannya, rata-rata 8 jam sehari. Berarti bisa dikatakan bahwa sepertiga waktu hidupnya tidak memiliki orientasi waktu yang jelas. Luar biasa menyedihkan bukan??!! Dan luar biasanya, dari 8 jam itu, umumnya mereka habiskan 4-7 jam di depan televisi, baik itu menonton tv, atau bermain game. Sekali lagi saya ingin menyebutkan luar biasa.

Saya memang tidak menanyakan rinci perihal survey tersebut. Siapakah yang melaksanakan surveynya? Dilakukan di mana? Sampelnya berapa banyak? Dan lain sebagainya. Padahal saya kan rada matematis, saya harus tau secara rinci survey yang dilakukan. Tapi setelah saya pikir-pikir, merenung, berkaca terhadap diri sendiri terlebih dahulu, saya dapati ternyata waktu saya SMA, saya masuk di dalam remaja yang dimaksud survey tersebut. MasyaAlloh… mohon ampun ya Alloh atas segala ketidak-amanah dan ketidakbersyukuranku dalam menyikapi nikmat waktu yang Kau berikan.

Himbauan kepada para maniak tv, sadarlah. Jangan sia-siakan waktu hidup kita, dah sepertiga waktu hidup umumnya dipake tidur, masak yang sepertiga lagi mau jadi waktu bias. Trus yang rada jelas orientasinya cuma sepertiga juga dong. Kan menyedihkan. Belum tentu sepertiga yang jelas itu diisi dengan kegiatan berkualitas tinggi.

Pernah Rasul mengingatkan kita, “Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara. (1) Sehat sebelum sakit, (2) muda sebelum tua, (3) kaya sebelum miskin, (4) lapang sebelum sempit, (5) hidup sebelum mati.”

Comments
  1. det says:

    sudah hampir 3 bulan saya ndak nonton tv. dan sampai saat ini masih sehat wal afiat:mrgreen:

  2. yumcatz says:

    ketik REG spasi anu, kirim ke XXXX
    udah bosen lihat iklan murahan kek gitu tiap jam premium😛
    .
    saya mah udah dari SMP gak nyentuh TV, ganti monitor PC😛
    .
    tumben ngeblog lagi😀

  3. zul_qr says:

    klo saya lagi di kamar, pasti langsung nyalain tipi, sepi soalnya klo ga ada yang berbunyi :p
    biar lagi blajar atau makan, tipi hampir pasti idup.
    kadang tuh tipi baru mati besoknya.

  4. ichot says:

    feb, saya tv junkie tu tapinyah dari masih tinggal di rumah mpe tinggal di kosan..
    jam nonton saya lumayan lama, bisa >4jam per hari, da tapi banyak juga ko hal2 berguna yg bisa didapetin lewat tv..
    contohnya saya melek mata liat brita pagi (Reportase), trus cerita pagi, trus saya juga suka idola cilik, jika aku menjadi, nanny 911, debat, ah banyak lah acara tv yg guna ko..
    trus saya stuju juga ma zul, biasanya tv juga buat nmenin di kamar biar ada temennya, walaupun laptop/radio lagi nyala,hehe..
    disaring ajalah..
    =)

Leave a Reply

